SLA
Terms & Conditions
Selamat datang di www.bekasku.id.
Syarat & ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT. Jantaka Ladang Unggul terkait penggunaan situs www.bekasku.id. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.
Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs www.bekasku.id, maka pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & ketentuan. Syarat & ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT. Jantaka Ladang Unggul. Jika pengguna tidak menyetujui salah satu, pesebagian, atau seluruh isi Syarat & ketentuan, maka pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di www.bekasku.id.
A. Definisi
1. PT Jantaka Ladang Unggul adalah suatu perseroan terbatas yang menjalankan kegiatan usaha jasa web portal www.bekasku.id, yakni situs pencarian Barang bekas yang dijual oleh penjual terdaftar. Selanjutnya disebut Bekasku.
2. Situs Bekasku adalah www.bekasku.id.
3. Syarat & ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Bekasku yang berisikan seperangkat peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab pengguna dan Bekasku, serta tata cara penggunaan sistem layanan Bekasku.
4. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Bekasku, termasuk namun tidak terbatas pada pembeli, penjual maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs Bekasku.
5. Pembeli adalah Pengguna terdaftar yang melakukan permintaan atas Barang yang dijual oleh Penjual di Situs Bekasku.
6. Penjual adalah Pengguna terdaftar yang melakukan tindakan penawaran atas suatu Barang kepada para Pengguna Situs Bekasku.
7. Barang adalah benda yang berwujud / memiliki fisik Barang yang dapat diantar / memenuhi kriteria pengiriman oleh perusahaan jasa pengiriman Barang
8. Saldo adalah fasilitas penampungan sementara atas dana milik Pembeli/Penjual (bukan fasilitas penyimpanan dana), yang disediakan Bekasku untuk menampung pengembalian dan pembayaran dana transaksi pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk keuangan. Dana ini hanya dapat ditarik ke akun bank yang terdaftar.
9. Iklanku adalah fitur pada Situs/Aplikasi Bekasku yang menampilkan jumlah iklan barang yang telah di buat oleh pengguna akun tersebut.
10. Chat adalah kumpulan obrolan antara penjual dan pembeli
B. Akun, Saldo, Password dan Keamanan
1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
2.Bekasku tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
3. Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna Bekasku, kecuali bagi Pengguna yang telah memiliki beberapa akun dengan 1 (satu) nomor telepon sebelumnya
4.Pengguna yang telah mendaftar berhak bertindak sebagai:
> Pembeli
> Penjual.
5. Bekasku tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang perlu atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat & ketentuan dan/atau hukum yang berlaku, yakni tindakan berupa penarikan iklan Barang, suspensi akun, dan/atau penghapusan akun pengguna.
6. Bekasku memiliki kewenangan untuk menutup akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam bertransaksi, pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Bekasku, termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Penalti Pengguna yang dapat Anda lihat DISINI. Pengguna menyetujui bahwa Bekasku berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembukaan iklan yang baru apabila ditemukan kesamaan data.
7. Pengguna memahami dan menyetujui untuk tidak menggunakan, memodifikasi, membongkar, melakukan kegiatan penggandaan, menjual kembali dan/atau kegiatan mengeksploitasi lainnya pada sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan dan/atau data Situs/Aplikasi dengan teknologi otomatis atau manual tanpa adanya izin dari Bekasku.
8. Pengguna menyetujui untuk tidak menggunakan dan/atau mengakses sistem Bekasku secara langsung atau tidak langsung baik keseluruhan atau sebagian dengan virus, perangkat lunak, atau teknologi lainnya yang dapat mengakibatkan melemahkan, merusak, mengganggu atau menghambat, membatasi dan/atau mengambil alih fungsionalitas serta integritas dari sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan, dan/atau data pada Situs/Aplikasi Bekasku
9. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat keras/lunak/fitur dan/atau alat lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada emulator, robot, macro, crawler dan/atau perangkat otomatis yang bertujuan untuk mengakses atau menggunakan layanan pada sistem Bekasku, seperti namun tidak terbatas pada:
a. manipulasi data akun;
b. membuat banyak akun;
c. memanipulasi perangkat yang bertujuan untuk merugikan Bekasku;
d. kegiatan perambanan (crawling/scraping) atau penyalinan konten;
e. kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi,dan lain sebagainya;
f. penambahan produk ke Iklanku;
g. mengumpulkan (harvest) atau mencuri data pengguna;
h. melakukan spamming, mengirimkan komunikasi elektronik dalam jumlah besar, mengirimkan surat berantai; dan/atau
i. aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi layanan dan sistem.
10. Bekasku memiliki kewenangan untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi akun, penyesuaian jumlah reputasi, dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan oleh Pengguna yang bertujuan memanipulasi data transaksi Pengguna demi meningkatkan reputasi akun (review dan atau jumlah transaksi). Contohnya adalah melakukan proses belanja ke akun sendiri dengan menggunakan akun pribadi atau akun pribadi lainnya.
11. Saldo berasal dari pengembalian dana transaksi (refund) pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk keuangan di Situs Bekasku dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up)
12. Saldo dapat digunakan sebagai salah satu metode pembayaran atas transaksi pembelian Barang, produk digital, dan/atau produk investasi di Situs Bekasku, dan dapat dilakukan penarikan dana (withdrawal) ke rekening bank yang terdaftar pada akun Pengguna.
13. Saldo hanya berasal dari hasil penjualan Barang pada Situs Bekasku dan tidak bisa dilakukan penambahan secara sendiri (top up).
14. Bekasku memiliki kewenangan untuk melakukan pembekuan Saldo dan Saldo Pengguna apabila ditemukan / diduga adanya tindak kecurangan dalam bertransaksi dan/atau pelanggaran terhadap syarat dan ketentuan Bekasku.
15. Penjual dilarang melakukan duplikasi akun, duplikasi produk, atau tindakan-tindakan lain yang dapat diindikasikan sebagai usaha persaingan tidak sehat.
16. Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan nama akun sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh Bekasku. Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada nama akun dan/atau domain akun telah sesuai dengan yang diinginkan dan Pengguna bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama akun yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan dan tindakan hukum yang terjadi sebelum perubahan nama akun tetap mengikat Pengguna.
17. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
18. Bekasku tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Bekasku menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Bekasku atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
19. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Bekasku jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
20. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Bekasku tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada menyetujui dan/atau memberikan akses masuk akun yang dikirimkan oleh Bekasku melalui pesan notifikasi kepada pihak lain melalui perangkat Pengguna, meminjamkan akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
21. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna.
22. Penjual dilarang mempromosikan akun dan/atau Barang secara langsung menggunakan fasilitas pesan pribadi, diskusi produk, ulasan produk yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.
C. Transaksi Pembelian
- Pembeli wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Bekasku. Pembeli melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pembeli, dan kemudian Bekasku akan meneruskan dana ke pihak Penjual apabila tahapan transaksi jual beli pada sistem Bekasku telah selesai.
- Saat melakukan pembelian Barang, Pembeli menyetujui bahwa:
- Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Barang (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.
- Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari produk sebagaimana terlihat di Situs/Aplikasi Bekasku tergantung pada monitor komputer dan layar handphone Pembeli. Bekasku telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan pada Situs/Aplikasi Bekasku muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Situs dan aplikasi Bekasku akan akurat.
- Pengguna masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Barang ketika Pengguna membeli suatu barang.
- Bekasku tidak mengalihkan kepemilikan secara hukum atas barang-barang dari Penjual kepada Pembeli.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan stok Barang merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan Barang tersebut. Terkait ketersediaan stok Barang dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan stok Barang kosong, maka penjual akan menolak order, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan dikembalikan kepada Pembeli.
- Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui Rekening Resmi Bekasku dan/atau tanpa sepengetahuan Bekasku (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar situs Bekasku atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.
- Bekasku memiliki kewenangan sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
- Pembeli menyetujui dan memahami bahwa dengan menggunakan Situs/Aplikasi Bekasku pada saat Pembeli melakukan transaksi pembelian, Bekasku akan meneruskan data informasi Pembeli kepada Penjual.
- Pembeli wajib melakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang dipilih dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. Bekasku tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pembeli, apabila Pembeli melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
- Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan segera (selambat-lambatnya dalam batas waktu 1x24 jam) setelah Pembeli melakukan check-out. Jika dalam batas waktu tersebut pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, Bekasku memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi tersebut. Pengguna tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.
- Pembeli disarankan untuk memeriksa kembali jumlah nominal pembayaran dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran. Khusus pembayaran melalui transfer bank (verifikasi manual), apabila terdapat kekurangan pembayaran pada jumlah tagihan yang seharusnya dibayarkan, Pembeli akan mendapatkan pemberitahuan melalui e-mail Pembeli yang terdaftar pada Situs/Aplikasi, guna melakukan pembayaran kembali ke rekening resmi Bekasku, sesuai dengan selisih pembayaran yang tertera pada halaman pembayaran dan jumlah nominal yang telah dibayarkan, hingga batas waktu yang telah ditentukan sebelumnya.
- Pembayaran dengan metode pembayaran transfer bank (verifikasi manual) sangat disarankan mengunggah bukti pembayaran pada Aplikasi Bekasku untuk mempermudah proses verifikasi.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening resmi Bekasku adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
- Pengembalian dana dari Bekasku kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
- Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas harga Barang,
- Masalah pengiriman Barang telah teridentifikasi secara jelas dari Penjual yang mengakibatkan pesanan Barang tidak sampai,
- Penjual tidak bisa menyanggupi order karena kehabisan stok, perubahan ongkos kirim, maupun penyebab lainnya,
- Penjual sudah menyanggupi pengiriman order Barang, tetapi setelah batas waktu yang ditentukan ternyata Penjual tidak mengirimkan Barang hingga batas waktu yang telah ditentukan.
- Penyelesaian permasalahan melalui Pusat Complaint berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pembeli atau hasil keputusan dari pihak Bekasku.
- Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui Saldo milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana.
- Pembeli dilarang untuk membagi 1 (satu) transaksi pembelian Barang menjadi 2 (dua) transaksi atau lebih secara terpisah untuk membagi nilai pembayaran (split payment) dengan tujuan memanipulasi metode pembayaran dan/atau mendapatkan manfaat lebih yang melanggar Syarat dan Ketentuan, yang dilakukan dengan cara apa pun termasuk namun tidak terbatas dengan menghubungi Penjual untuk melakukan perubahan harga dan/atau membeli beberapa produk untuk membagi jumlah harga dari suatu produk yang diinginkan.
- Pembeli memahami dan menyetujui untuk melepaskan Bekasku dari tanggung jawab apabila terjadi kendala atas transaksi yang menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada kendala transaksi, kendala pembayaran, kendala pengiriman, maupun kerusakan dan/atau kehilangan Barang baik sebagian maupun seluruhnya.
- Bekasku berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila diketahui terdapat transaksi pembelian menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada pembatalan transaksi dan/atau pembatalan promo atau cashback.
- Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Bekasku. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.
- Pembeli wajib melakukan konfirmasi penerimaan Barang, setelah menerima kiriman Barang yang dibeli. Bekasku memberikan batas waktu 2 (dua) hari setelah pengiriman berstatus "terkirim" pada sistem Bekasku, untuk Pembeli melakukan konfirmasi penerimaan Barang. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada konfirmasi atau klaim dari pihak Pembeli, maka dengan demikian Pembeli menyatakan menyetujui dilakukannya konfirmasi penerimaan Barang secara otomatis oleh sistem Bekasku.
- Setelah adanya konfirmasi penerimaan Barang atau konfirmasi penerimaan Barang otomatis, maka dana pihak Pembeli yang dikirimkan ke Rekening resmi Bekasku akan di lanjut kirimkan ke pihak Penjual (transaksi dianggap selesai).
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi / konfirmasi otomatis penerimaan Barang adalah bukan menjadi tanggung jawab Bekasku. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Barang menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah pengiriman Barang yang disebabkan keterlambatan pembayaran adalah merupakan tanggung jawab dari Pembeli.
- Bekasku berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Bekasku adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
D. Transaksi Penjualan
- Penjual dilarang memanipulasi harga Barang dengan tujuan apapun.
- Penjual dilarang melakukan penawaran / berdagang Barang terlarang sesuai dengan yang telah ditetapkan pada ketentuan Poin J. Jenis Barang.
- Penjual wajib memberikan foto dan informasi produk dengan lengkap dan jelas sesuai dengan kondisi dan kualitas produk yang dijualnya. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara foto dan informasi produk yang diunggah oleh Penjual dengan produk yang diterima oleh Pembeli, maka Bekasku berhak membatalkan/menahan dana transaksi.
- Dalam menggunakan Fasilitas "Judul Produk", "Foto Produk", "Catatan" dan "Deskripsi Produk", Penjual dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada
(i) tidak menerima komplain,
(ii) tidak menerima retur (penukaran barang),
(iii) tidak menerima refund (pengembalian dana),
(iv) barang tidak bergaransi,
(v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim),
(vi) penyusutan nilai harga dan
(vii) pengiriman barang acak secara sepihak.
Jika terdapat pertentangan antara catatan akun dan/atau deskripsi produk dengan Syarat & Ketentuan Bekasku, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat & Ketentuan Bekasku. - Penjual wajib memberikan balasan untuk menerima atau menolak pesanan Barang pihak Pembeli dalam batas waktu 1 hari terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Bekasku. Jika dalam batas waktu tersebut tidak ada balasan dari Penjual maka secara otomatis pesanan akan dibatalkan.
- Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Penjual memahami dan menyetujui bahwa Bekasku berhak melakukan moderasi akun Penjual apabila Penjual melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak merespon pesanan Barang milik Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.
- Penjual dilarang untuk menyediakan metode pembayaran terpisah (split payment) dan/atau membagi 1 (satu) transaksi pembelian Barang menjadi 2 (dua) transaksi yang berbeda dengan tujuan untuk memanipulasi metode pembayaran dan/atau mendapatkan manfaat lebih yang melanggar Syarat dan Ketentuan, yang dilakukan dengan cara apa pun termasuk namun tidak terbatas dengan menggunakan layanan "varian produk" atau menjual beberapa produk sehingga membagi jumlah harga atau transaksi dari suatu produk yang diinginkan.
- Penjual memahami dan menyetujui untuk melepaskan Bekasku dari tanggung jawab apabila terjadi kendala atas transaksi yang menggunakan metodesplit payment, termasuk namun tidak terbatas pada kendala transaksi, kendala pembayaran, kendala pengiriman, maupun kerusakan dan/atau kehilangan produk baik sebagian maupun seluruhnya.
- Bekasku berwenang untuk melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan apabila diketahui terdapat transaksi penjualan menggunakan metode split payment, termasuk namun tidak terbatas pada pembatalan transaksi, penyesuaian reputasi akun, penghapusan produk, moderasi akun, dan/atau penutupan akun.
- Penjual menyetujui dan memahami bahwa dengan menerima data informasi Pembeli yang terdapat dalam Situs/Aplikasi wajib menjaga kerahasiaan dan dilarang menyalahgunakan data informasi Pembeli dalam bentuk apapun. Bekasku berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan investigasi dan memberikan sanksi terhadap dugaan atau laporan penyalahgunaan data Pembeli.
- Penjual diharapkan untuk memasukkan nomor resi pengiriman Barang atau AWB (air way bill) yang valid, yaitu:
- Tanggal pembuatan resi pengiriman Barang tidak lebih dulu dari tanggal transaksi pembelian Barang;
- Nomor resi pengiriman Barang harus dapat dilacak atau ditemukan pada web situs pelacakan atau sistem jasa ekspedisi rekanan Bekasku; dan/atau
- Merupakan resi pengiriman Barang yang memang diperuntukkan untuk pembeli yang akan menerima paket tersebut (detail pengiriman harus sama).
Penjelasan lebih lengkap dapat dilihat di sini - Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 2 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi pesanan Barang dari Bekasku.
- Apabila Penjual memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang invalid atau tidak dapat terlacak, Penjual wajib memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid dalam batas waktu 1 x 24 jam (tidak termasuk hari Sabtu/Minggu/libur Nasional) terhitung sejak adanya notifikasi nomor resi invalid atau tidak terlacak yang diberikan oleh Bekasku kepada Penjual.
- Jika dalam batas waktu tersebut dalam Syarat & Ketentuan Poin D. 11 dan D. 12 pihak Penjual tidak memasukkan nomor resi pengiriman Barang yang valid, maka secara otomatis pesanan dianggap dibatalkan. Jika Penjual tetap mengirimkan Barang setelah melebihi batas waktu pengiriman sebagaimana dijelaskan diatas, maka Penjual memahami bahwa transaksi akan tetap dibatalkan untuk kemudian Penjual dapat melakukan penarikan Barang pada kurir tempat Barang dikirimkan.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa kurir pengiriman tidak dapat diubah oleh Penjual setelah Penjual melakukan konfirmasi pengiriman dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penjual. Penjelasan lebih lengkap dapat dilihat di sini.
- Bekasku berwenang untuk membatalkan transaksi dan/atau menahan dana transaksi dalam hal: (i) nomor resi kurir pengiriman Barang yang diberikan oleh Penjual tidak sesuai dan/atau diduga tidak sesuai dengan transaksi yang terjadi di Situs Bekasku; (ii) Penjual mengirimkan Barang melalui jasa kurir/logistik selain dari yang disediakan dan terhubung dengan Situs Bekasku; (iii) jika nama produk dan deskripsi produk tidak sesuai/tidak jelas dengan produk yang dikirim; (iv) jika ditemukan adanya manipulasi transaksi; dan/atau (v) mencantumkan nomor resi pengiriman Barang yang telah digunakan oleh Penjual lainnya (internal dropshipper)
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa seluruh Pajak sehubungan dengan transaksi Penjualan (namun tidak terbatas pada perubahan informasi akun dan/atau barang), akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing Penjual sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di peraturan perundang-undangan di Indonesia.
- Transaksi penjualan akan dikenakan biaya layanan sebesar 2% s/d 5% dari setiap transaksi penjualan berikutnya,
- Elektronik dan Gadget
- Handphone (3%)
- Tablet (3%)
- Aksesoris (5%)
- Fotografi (3%)
- Elektronik (3%)
- Game (5%)
- Komputer (3%)
- TV dan AV (3%)
- Mobil
- Mobil (3%)
- Aksesoris (5%)
- Audio (5%)
- Suku cadang (4%)
- Velg dan Ban (4%)
- Truck dan Kendaraan (3%)
- Motor
- Motor (3%)
- Aksesoris (5%)
- Suku cadang (4%)
- Properti
- Jual rumah (2%)
- Sewa Rumah (2%)
- Tanah (2%)
- Sewa Kos (2%)
- Hobi & olahraga
- Alat music (3%)
- Olahraga (4%)
- Sepeda (3%)
- Kerajinan (3%)
- Antik (5%)
- Buku dan Majalah (4%)
- Koleksi (4%)
- Mainan (3%)
- Musik dan Film (3%)
- Peliharaan (5%)
- Rumah Tangga
- Makanan dan Minuman (5%)
- Mebel (4%)
- Dekorasi rumah (4%)
- Taman (4%)
- Perlengkapan Rumah (5%)
- Keperluan Pribadi
- Wanita (5%)
- Pria (5%)
- Pakaian Olahraga (5%)
- Perhiasan (5%)
- Makeup dan Parfum (5%)
- Terapi dan Pengobatan (5%)
- Nutrisi dan Suplement (5%)
- Lainnya (4%)
- Perlengkapan Bayi
- Pakaian Bayi (5%)
- Perlengkapan Bayi (4%)
- Perlengkapan Ibu Bayi (4%)
- Boneka dan Mainan (4%)
- Buku Anak (4%)
- Kereta Bayi (4%)
- Lainnya (3%)
- Kantor dan Industri
- Perlengkapan Kantor (5%)
- Perlengkapan Usaha (5%)
- Mesin Industri (3%)
- Perlengkapan Tulis (4%)
- Lainnya
- Lainnya (3%)
- Elektronik dan Gadget
- Bekasku berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian, baik antara Penjual dan Pembeli, dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Bekasku adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
- Apabila disepakati oleh Penjual dan Pembeli, penggunaan jasa Logistik yang berbeda dari pilihan awal pembeli dapat dilakukan (dengan ketentuan bahwa tarif pengiriman tersebut adalah di bawah tarif pengiriman awal).
- Penjual memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa invoice yang diterbitkan adalah atas nama Penjual.
E. Iklanku
- Penjual dilarang mempergunakan Iklanku (termasuk dan tidak terbatas pada informasi akun dan informasi barang) sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke halaman situs lain diluar situs Bekasku.
- Penjual dilarang memberikan data kontak pribadi dengan maksud untuk melakukan transaksi secara langsung kepada Pembeli / calon Pembeli.
- Penjual dilarang memberikan keterangan (informasi akun dan/atau Barang) selain/diluar daripada keterangan akun dan/atau Barang yang bersangkutan.
- Penamaan Barang dan informasi produk harus dilakukan sesuai dengan informasi detail, spesifikasi, dan kondisi Barang, dengan demikian Pengguna tidak diperkenankan untuk mencantumkan nama, deskripsi, gambar dan/atau kata yang tidak berkaitan dan/atau tidak sesuai dengan Barang tersebut.
- Penjual yang menambahkan referensi video pada Iklanku Akun yang bersumber dari link pihak ketiga termasuk namun tidak terbatas pada Youtube dan Google wajib mematuhi kebijakan pihak ketiga.
- Penamaan Barang dan informasi produk harus sesuai dengan kondisi Barang yang ditampilkan dan Pengguna tidak diperkenankan mencantumkan nama dan informasi yang tidak sesuai dengan kondisi Barang.
- Bekasku berhak tanpa pemberitahuan sebelumnya untuk melakukan penarikan subsidi (cashback), pembatalan benefit Rewards, penurunan konten dan/atau moderasi akun, apabila didapati pelanggaran sebagaimana diatur pada Point E.4 dan E.5.
- Penjual wajib memisahkan tiap-tiap Barang yang memiliki ukuran dan harga yang berbeda.
- Bekasku memiliki kewenangan mengambil-alih sub-domain akun Penjual jika akun Penjual sudah tidak aktif lebih dari 9 bulan, dan/atau pemilik merek dagang resmi (sesuai dengan Daftar Umum Merek di Indonesia) dengan nama yang sama dengan sub-domain Penjual melakukan klaim terhadapnya dikarenakan mereka ingin menggunakan sub-domain tersebut.
- Bekasku memiliki kewenangan untuk mengubah nama dan/atau memakai nama Akun dan/atau domain Pengguna untuk kepentingan internal Bekasku.
F. Asuransi
G. Harga
- Harga Barang yang terdapat dalam situs Bekasku adalah harga yang ditetapkan oleh Penjual. Penjual dilarang memanipulasi harga barang dengan cara apapun.
- Penjual dilarang menetapkan harga yang tidak wajar pada Barang yang ditawarkan melalui Situs Bekasku. Bekasku berhak untuk melakukan tindakan berupa memindahkan Barang ke gudang, pemeriksaan, penundaan, atau penurunan konten serta tindakan lainnya berdasarkan penilaian sendiri dari Bekasku atas dasar penetapan harga yang tidak wajar.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan harga dan informasi lainnya yang disebabkan tidak terbaharuinya halaman situs Bekasku dikarenakan browser/ISP yang dipakai Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa kesalahan ketik yang menyebabkan keterangan harga atau informasi lain menjadi tidak benar/sesuai adalah tanggung jawab Penjual. Perlu diingat dalam hal ini, apabila terjadi kesalahan pengetikan keterangan harga Barang yang tidak disengaja, Penjual berhak menolak pesanan Barang yang dilakukan oleh pembeli.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Penjual dan Pembeli tentang harga bukanlah merupakan tanggung jawab Bekasku.
- Dengan melakukan pemesanan melalui Bekasku, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga barang, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya oleh Pengguna.
- Situs Bekasku untuk saat ini hanya melayani transaksi jual beli Barang dalam mata uang Rupiah.
H.Tarif Pengiriman
Pembeli memahami dan mengerti bahwa Bekasku telah melakukan usaha sebaik mungkin dalam memberikan informasi tarif pengiriman kepada Pembeli berdasarkan lokasi secara akurat, namun Bekasku tidak dapat menjamin keakuratan data tersebut dengan yang ada pada cabang setempat.
Karena itu Bekasku menyarankan kepada Penjual untuk mencatat terlebih dahulu tarif yang diberikan Bekasku, agar dapat dibandingkan dengan tarif yang dibebankan di cabang setempat. Apabila mendapati perbedaan, mohon sekiranya untuk menginformasikan kepada kami melalui menu contact us dengan memberikan data harga yang didapat beserta kota asal dan tujuan, agar dapat kami telusuri lebih lanjut.
Pengguna memahami dan menyetujui bahwa selisih biaya pengiriman Barang adalah di luar tanggung jawab Bekasku, dan oleh karena itu, adalah kebijakan Penjual sendiri untuk membatalkan atau tetap melakukan pengiriman Barang.
I. Konten
- Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan Bekasku, Pengguna dilarang untuk menggunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, video atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi ke situs selain Situs Bekasku, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh Bekasku. Bekasku berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, moderasi akun, pemblokiran akun, dan lain-lain.
- Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar Barang yang memiliki watermark yang menandakan hak kepemilikan orang lain.
- Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa penyalahgunaan foto/gambar yang di unggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
- Penjual tidak diperkenankan untuk mempergunakan foto/gambar Barang atau logo akun sebagai media untuk beriklan atau melakukan promosi ke situs-situs lain diluar Situs Bekasku, atau memberikan data kontak pribadi untuk melakukan transaksi secara langsung kepada pembeli / calon pembeli.
- Penjual menjamin foto/gambar yang diunggah tidak termasuk konten yang dilarang berdasarkan Poin I. 1 atau melanggar hak milik pihak lain. Apabila didapati foto/gambar melanggar konten berdasarkan Poin I. 1 atau terdapat laporan pelanggaran hak milik pihak lain, maka Bekasku berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada penghapusan konten dan/atau tindakan lainnya yang perlu dilakukan.
- Ketika Pengguna mengunggah ke Situs Bekasku dengan konten atau posting konten, Pengguna memberikan Bekasku hak non-eksklusif, di seluruh dunia, secara terus-menerus, tidak dapat dibatalkan, bebas royalti, disublisensikan ( melalui beberapa tingkatan ) hak untuk melaksanakan setiap dan semua hak cipta, publisitas , merek dagang , hak basis data dan hak kekayaan intelektual yang Pengguna miliki dalam konten, di media manapun yang dikenal sekarang atau di masa depan. Selanjutnya , untuk sepenuhnya diizinkan oleh hukum yang berlaku , Anda mengesampingkan hak moral dan berjanji untuk tidak menuntut hak-hak tersebut terhadap Bekasku.
- Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten Pengguna kedalam situs Bekasku. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di Situs Bekasku.
- Bekasku menyediakan fitur "Diskusi Produk" untuk memudahkan pembeli berinteraksi dengan penjual, perihal Barang yang ditawarkan. Penjual tidak diperkenankan menggunakan fitur tersebut untuk tujuan dengan cara apa pun menaikkan harga Barang dagangannya, termasuk di dalamnya memberi komentar pertama kali atau memberi komentar selanjutnya / terus menerus secara berkala (flooding / spam).
- Konten atau materi yang akan ditampilkan atau ditayangkan pada Situs/Aplikasi Bekasku melalui Iklanku akan tunduk pada Ketentuan Situs, peraturan hukum, serta etika pariwara yang berlaku.
- Pengguna atau pihak lainnya yang menggunakan fitur Iklanku bertanggungjawab penuh terhadap konten atau materi yang diunggah melalui fitur Iklanku.
- Bekasku berhak untuk sewaktu-waktu menurunkan konten atau materi yang terdapat pada Iklanku yang dianggap melanggar Syarat dan Ketentuan Situs, peraturan hukum yang berlaku, serta etika pariwara yang berlaku.
- Bekasku berhak untuk sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk melakukan tindakan penurunan konten yang menjual produk rokok elektrik, perangkat rokok elektrik, cairan rokok elektrik, dan/atau produk yang mengandung tembakau di platform Android, termasuk namun tidak terbatas pada produk rokok tembakau, nikotin, liquid vape, mod, pod, heatstick, vaporizer dan/atau E-Cigarette, mengacu pada kebijakan Google Play Store dan App Store.
- Bekasku berhak sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, untuk mengambil tindakan berupa penurunan reputasi akun atau moderasi akun, apabila Penjual diduga melakukan manipulasi konten sebagaimana diatur dalam poin I.12, termasuk namun tidak terbatas pada manipulasi penulisan nama produk, gambar produk, deskripsi produk dan/atau kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mengelabuhi penjualan konten sebagaimana diatur dalam poin I.12 agar tetap dapat melakukan penawaran menggunakan Aplikasi Android.
J. Jenis Barang dan Jasa
Berikut ini adalah daftar jenis Barang dan Jasa yang dilarang dan/atau dibatasi untuk diperdagangkan oleh Penjual pada Situs Bekasku:
- Segala jenis obat-obatan maupun zat-zat lain yang dilarang ataupun dibatasi peredarannya menurut ketentuan hukum yang berlaku, termasuk namun tidak terbatas pada ketentuan Undang-Undang Narkotika, Undang-Undang Psikotropika, dan Undang-Undang Kesehatan. Termasuk pula dalam ketentuan ini adalah obat keras, obat-obatan yang memerlukan resep dokter, obat bius dan sejenisnya, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
- Kosmetik dan makanan minuman yang membahayakan keselamatan penggunanya, ataupun yang tidak mempunyai izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
- Bahan yang diklasifikasikan sebagai Bahan Berbahaya menurut Peraturan Menteri Perdagangan yang berlaku.
- Jenis Produk tertentu yang wajib memiliki:
- SNI;
- Petunjuk penggunaan dalam Bahasa Indonesia; atau
- Label dalam Bahasa Indonesia.
- Sementara yang diperjualbelikan tidak mencantumkan hal-hal tersebut.
- Barang-barang lain yang kepemilikannya ataupun peredarannya melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
- Barang yang merupakan hasil pelanggaran Hak Cipta, termasuk namun tidak terbatas dalam media berbentuk buku, CD/DVD/VCD, informasi dan/atau dokumen elektronik, serta media lain yang bertentangan dengan Undang-Undang Hak Cipta.
- Barang dewasa yang bersifat seksual berupa obat perangsang, alat bantu seks yang mengandung konten pornografi, serta obat kuat dan obat-obatan dewasa, baik yang tidak memiliki izin edar BPOM maupun yang peredarannya dibatasi oleh ketentuan hukum yang berlaku.
- Minuman beralkohol.
- Segala bentuk tulisan yang dapat berpengaruh negatif terhadap pemakaian situs ini.
- Pakaian dalam bekas.
- Senjata api, senjata tajam, senapan angin, dan segala macam senjata.
- Dokumen pemerintahan dan perjalanan.
- Seragam pemerintahan.
- Bagian/Organ manusia.
- Mailing list dan informasi pribadi.
- Barang-Barang yang melecehkan pihak/ras tertentu atau dapat merendahkan martabat orang lain.
- Pestisida, kecuali pestisida untuk penggunaan yang telah mempunyai nomor pendaftaran dan izin dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
- Atribut kepolisian.
- Barang hasil tindak pencurian.
- Pembuka kunci dan segala aksesori penunjang tindakan perampokan/pencurian.
- Barang yang dapat dan atau mudah meledak, menyala atau terbakar sendiri.
- Barang cetakan/rekaman yang isinya dapat mengganggu keamanan & ketertiban serta stabilitas nasional.
- Uang tunai termasuk valuta asing kecuali Penjual memiliki dan dapat mencantumkan izin sebagai Penyelenggara Kegiatan Usaha Penukaran Valuta Asing Bukan Bank berdasarkan Peraturan Bank Indonesia No.18/20/PBI/2016 dan/atau peraturan lainnya yang terkait dengan penukaran valuta asing.
- Pengacak sinyal, penghilang sinyal, dan/atau alat-alat lain yang dapat mengganggu sinyal atau jaringan telekomunikasi
- Perlengkapan dan peralatan judi.
- Jimat-jimat, benda-benda yang diklaim berkekuatan gaib dan memberi ilmu kesaktian.
- Barang dengan hak Distribusi Eksklusif yang hanya dapat diperdagangkan dengan sistem penjualan langsung oleh penjual resmi dan/atau Barang dengan sistem penjualan Multi Level Marketing.
- Produk non fisik yang tidak dapat dikirimkan melalui jasa kurir, termasuk namun tidak terbatas pada produk pulsa/voucher (telepon, listrik, game, dan/atau credit digital), tiket pesawat dan/atau tiket kereta.
- Tiket pertunjukan, termasuk namun tidak terbatas pada tiket konser, baik fisik maupun non fisik.
- Dokumen-dokumen resmi seperti Sertifikat Toefl, Ijazah, Surat Dokter, Kwitansi, dan lain sebagainya
- Segala jenis Barang lain yang bertentangan dengan peraturan pengiriman Barang Indonesia.
- Barang-Barang lain yang melanggar ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
- Segala jenis Jasa kecuali untuk penawaran yang berasal dari Bekasku dan afiliasinya termasuk namun tidak terbatas pada jasa print, jasa kebersihan, jasa wedding dan parenting.
- Segala jenis Barang yang isinya tidak pasti, bersifat acak dan/atau undian, termasuk namun tidak terbatas pada Produk Kotak Misteri. Ketentuan tersebut di kecualikan untuk Official Store dan Afiliasi Bekasku.
- Alat Kesehatan yang wajib memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan atau tidak boleh diperdagangkan secara bebas.
K. Kartu Kredit
- Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi pembelian Barang dan produk digital melalui Situs Bekasku.
- Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi pembelian dengan nilai total belanja minimal Rp. 50.000 (lima puluh ribu rupiah) hingga maksimal Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah) untuk transaksi marketplace dan/atau digital, transaksi dapat dilakukan hingga Rp500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) khusus untuk pembelian produk mobil pada Official Store.
- Transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit wajib mengikuti syarat dan ketentuan yang diatur oleh Bekasku dan mempergunakan kurir/logistik yang disediakan dan terhubung dengan Situs Bekasku.
- Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit di luar peruntukan sebagai alat pembayaran.
- Apabila terdapat transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Bekasku, maka Bekasku berwenang untuk:menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Bekasku, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari;
melakukan pemotongan dana sebesar 15% (lima belas persen) dari nilai transaksi, serta menarik kembali nilai subsidi sehubungan penggunaan kartu kredit. - Bekasku berwenang untuk melakukan investigasi terhadap transaksi Kartu Kredit dengan melakukan penahanan proses verifikasi pembayaran sebelum transaksi diteruskan ke Penjual sampai batas waktu tertentu hingga mendapatkan konfirmasi dari partner bank penyedia kartu kredit, maupun mitra payment gateway dan/atau melakukan pembatalan transaksi Kartu Kredit apabila terdapat indikasi pelanggaran ketentuan hukum yang berlaku dan/atau Syarat dan Ketentuan Bekasku.
- Dalam proses verifkasi yang dilakukan oleh partner bank dan/atau mitra payment gateway Pengguna akan dihubungi oleh partner bank dan/atau mitra payment gateway, jika Pengguna tidak melakukan penyangkalan atau pembatalan terhadap verifikasi tersebut, maka transaksi akan diteruskan ke Penjual dan Bekasku tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Pengguna.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan dan/atau keamanan data Kartu Kredit milik Pengguna dengan cara menjaga kerahasiaan nomor Kartu Kredit, kode CVV Kartu Kredit, dan kode SMS verifikasi atau kode SMS OTP (One-time Password) yang telah dikirimkan oleh pihak Bank saat melakukan transaksi.
- Bekasku akan menghentikan kerjasama dengan Penjual yang melakukan tindakan yang dapat merugikan prinsipal, penerbit, acquirer dan /atau pemegang kartu kredit, antara lain memproses penarikan / gesek tunai (cash withdrawal transaction).
- Apabila transaksi pembelian tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit pembeli di tagihan berikutnya. Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi pembelian barang dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar ketentuan hukum dan/atau syarat ketentuan Bekasku.
- Transaksi pembelian yang menggunakan metode pembayaran kartu kredit dengan sistem cicilan akan dikenakan biaya layanan dari total biaya yang harus dibayarkan berdasarkan tenor cicilan yang dipilih sebagaimana diatur DISINI dan untuk metode pembayaran Kartu Kredit tanpa cicilan tidak akan dikenakan biaya layanan. Biaya layanan ini diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam berbelanja.
- Transaksi pembelian yang menggunakan metode pembayaran cicilan kartu kredit akan dikenakan biaya layanan yang diberlakukan untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi melalui Bekasku, dengan rincian sebagai berikut:
- Cicilan 3 (tiga) bulan sebesar 2.5% (dua koma lima persen)
- Cicilan 6 (enam) bulan sebesar 3.5% (tiga koma lima persen)
- Cicilan 12 (dua belas) bulan sebesar 6% (enam persen)
- Cicilan 18 (delapan belas) bulan sebesar 8% (delapan persen)
- Cicilan 24 (dua puluh empat) bulan sebesar 10% (sepuluh persen)
- Apabila seluruh transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna. Namun apabila hanya sebagian transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut tidak akan ikut serta dikembalikan.
L. Promo
- Bekasku sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan Syarat dan Ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama Syarat dan Ketentuan Promo tersebut.
- Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Bekasku untuk mengikuti setiap promo Bekasku. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang mempunyai informasi akun yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari promo Bekasku.
- Pastikan nomor handphone yang sudah terverifikasi aktif pada saat melakukan transaksi. Jika terjadi perubahan nomor handphone pada akun Bekasku pengguna karena nomor sebelumnya sudah tidak aktif, maka pengguna tidak akan mendapatkan cashback.
- Apabila terdapat transaksi Promo yang mempergunakan metode pembayaran kartu kredit yang melanggar Syarat dan Ketentuan Bekasku, maka akan merujuk pada Syarat dan Ketentuan Poin L. Kartu Kredit.
- Bekasku berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Rewards, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi akun, menutup akun atau akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi, manipulasi berat barang pada deskripsi produk (aktual berat barang dan berat barang pada deskripsi Produk harus sesuai), pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan Bekasku dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
- Dalam hal diadakannya Promo Gratis/Potongan Ongkos Kirim:
- Jika terdapat selisih antara berat Barang pada deskripsi produk dengan berat Barang yang dikirimkan oleh Penjual melalui jasa kurir/logistik, maka subsidi ongkos kirim yang diberikan akan merujuk kepada berat Barang pada data pihak kurir/logistik;
- Penjual yang berhak mendapatkan subsidi ongkos kirim adalah Penjual yang mempergunakan resi pengiriman valid dan/atau resi pengiriman dari transaksi Bekasku. Penjual yang mempergunakan resi pengiriman invalid dan/atau resi pengiriman yang bukan dari transaksi Bekasku, maka Penjual tidak berhak untuk mendapatkan subsidi ongkos kirim; dan/atau
- Jika (i) Penjual menolak pesanan Pembeli, (ii) transaksi dibatalkan otomatis oleh sistem Bekasku, dan/atau (iii) transaksi dibatalkan berdasarkan keputusan di Pusat Complaint, maka dana yang dikembalikan kepada Pembeli adalah senilai dana pembayaran transaksi yang dilakukan oleh Pembeli dan tidak termasuk subsidi ongkos kirim.
- Setiap Promo Bekasku tidak berlaku untuk untuk penggunaan resi pengiriman sebagai berikut:
- Resi pengiriman yang diinput lebih dari 1 (satu) kali. Jika ditemukan penginputan resi sebanyak 2 (dua) kali atau lebih, maka manfaat Promo hanya akan diberikan pada transaksi yang dibentuk oleh Pembeli pertama. Benefit Promo tidak dapat diteruskan pada transaksi dropshipper (Pembeli kedua).
- Resi pengiriman yang bukan dari transaksi Bekasku. Jika ditemukan Penjual menyertakan resi pengiriman yang bukan dari transaksi Bekasku, maka manfaat Promo tidak dapat diteruskan pada transaksi tersebut dan/atau akan dilakukan penarikan kembali Promo yang sudah diberikan sesuai dengan yang diberikan oleh Bekasku.
- Setiap Promo Bekasku tidak berlaku untuk pembelian logam mulia batangan, voucher belanja, voucher internet, voucher pulsa, paket data, dan minuman beralkohol.
M. Pengiriman Barang
- Pengiriman Barang dalam sistem Bekasku wajib menggunakan jasa perusahaan ekspedisi yang telah mendapatkan verifikasi rekanan Bekasku yang dipilih oleh Pembeli. Apabila Penjual memasukkan resi di luar dari resi partner rekanan Bekasku (termasuk di dalamnya resi pengiriman dari kurir luar negeri), Bekasku berhak untuk menolak resi tersebut; dimana hal ini dapat mengakibatkan dibatalkannya sebuah pesanan. Selengkapnya dapat dibaca di sini.
- Setiap ketentuan berkenaan dengan proses pengiriman Barang adalah wewenang sepenuhnya penyedia jasa layanan pengiriman Barang.
- Penjual wajib memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh jasa layanan pengiriman barang tersebut dan bertanggung jawab atas setiap Barang yang dikirimkan.
- Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman Barang oleh penyedia jasa layanan pengiriman Barang adalah merupakan tanggung jawab penyedia jasa layanan pengiriman.
- Dalam hal diperlukan untuk dilakukan proses pengembalian barang, maka Pengguna, baik Penjual maupun Pembeli, diwajibkan untuk melakukan pengiriman barang langsung ke masing-masing Pembeli maupun Penjual. Bekasku tidak menerima pengembalian atau pengiriman barang atas transaksi yang dilakukan oleh Pengguna dalam kondisi apapun.
- Dalam hal terjadi kendala dalam proses pengiriman berupa barang hilang, barang rusak, dan lain sebagainya, Pembeli dan Penjual dapat melaporkan ke pihak Bekasku paling lambat 3x24 jam sejak waktu pengiriman untuk dilakukan proses investigasi.
- Informasi lebih lengkap terkait penyedia jasa layanan pengiriman Barang beserta dengan ketentuan yang berlaku pada masing-masing penyedia jasa layanan pengiriman Barang dapat dibaca di sini
N. Penarikan Dana
- Penarikan dana sesama bank akan diproses dalam waktu 1x24 jam hari kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 2x24 jam hari kerja.
- Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank Permata apabila ada biaya tambahan yang dibebankan akan menjadi tanggungan dari Pengguna.
- Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan Bekasku, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Bekasku berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pengguna.
- Pemeriksaan, pembekuan atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam Poin N. 3 dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh pihak Bekasku.
O. Complaint
- Complaint adalah fitur yang disediakan oleh Bekasku untuk memfasilitasi penyelesaian masalah transaksi antara Pembeli dan Penjual.
- Fitur ini akan secara otomatis menahan dana pembayaran barang ke Penjual sampai dengan permasalahan yang dilaporkan ke Complaint selesai.
- Dalam menggunakan fitur ini, Pembeli dan Penjual diharapkan memberikan bukti-bukti transaksi jual beli berupa foto barang, nota pembelian, slip resi pengiriman dan bukti-bukti penunjang lainnya yang dapat menjadi dasar pembenar atas setiap argumen yang dikeluarkan oleh masing-masing pihak.
- Penyelesaian permasalahan melalui Complaint dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pembeli dan Penjual.
- Jika Penjual tidak memberikan jawaban dalam jangka waktu 2 x 24 jam sejak kendala dibuat, maka kendala secara otomatis akan terselesaikan berdasarkan solusi yang diajukan oleh Pembeli.
- Jika tidak ditemukan kesepakatan antara Pembeli dan Penjual dalam jangka waktu 2 x 24 jam, maka Bekasku memiliki hak untuk membantu menyelesaikan kendala.
- Dalam hal Bekasku membantu menyelesaikan kendala, maka sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Poin C. 16 dan Poin D. 11, Pembeli dan Penjual menyetujui bahwa Bekasku berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan tersebut dengan melihat bukti-bukti yang ada dan/atau bukti-bukti baru yang harus dilengkapi masing-masing pihak.
- Bekasku berwenang untuk melakukan mediasi dan/atau mengambil keputusan untuk penyelesaian masalah didalam diskusi Complaint, meskipun salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) belum memberikan tanggapan atas solusi yang diberikan Complaint dalam jangka waktu 2 x 24 jam, dalam hal: (i) Adanya informasi dari pihak ketiga yang berkaitan dalam jalannya transaksi, yakni antara lain kurir pengiriman yang memberikan informasi terkait status terkini dari resi pengiriman paket; (ii) Bukti dari Pembeli dan/atau Penjual yang dikirimkan melalui jalur komunikasi lain (email Bekasku, Layanan Pengguna, dan lainnya) yang perlu diteruskan ke Complaint dengan dasar transparansi masalah; (iii) Laporan dari salah satu pihak disebabkan adanya kelalaian Pembeli atau Penjual; (iv) Salah satu pihak (Pembeli atau Penjual) terindikasi melakukan tindakan kecurangan; atau (v) Kondisi tertentu yang menyebabkan Bekasku perlu segera melakukan mediasi.
- Atas keputusan pertama Bekasku diatas, baik Pembeli dan Penjual memiliki hak untuk banding, dengan persyaratan bahwa pihak yang mengajukan upaya banding harus mengajukan bukti baru di luar dari bukti-bukti sebelumnya.
- Pembeli dan Penjual dengan ini menyetujui bahwa Keputusan Bekasku atas upaya banding adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat pihak Penjual dan Pembeli untuk mematuhinya.
- Pengguna memahami bahwa Pusat Complaint tidak berlaku untuk produk pakaian dalam bekas, kendala yang berkaitan dengan rasa, aroma dan/atau tekstur produk, dan semua produk dalam daftar jenis barang yang dilarang diperjual-belikan di Bekasku seperti yang ada di halaman Syarat dan Ketentuan.
- Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa dalam penyelesaian kendala di Pusat Complaint, Pembeli dan Penjual wajib memberikan tanggapan atas kendala yang ada hingga selesai dengan mematuhi ketentuan dan batas waktu sebagaimana yang telah ditentukan pihak Bekasku pada diskusi terkait.
- Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa penanggungan ongkos kirim yang timbul selama proses penyelesaian kendala pada Pusat Complaint didasarkan oleh bukti-bukti dan/atau kesepakatan yang diberikan oleh kedua belah pihak. Apabila Pembeli dan/atau Penjual tidak bersedia untuk menanggung ongkos kirim tersebut, maka Bekasku berwenang memberikan keputusan penanggungan ongkos kirim berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
- Pembeli memahami dan menyetujui bahwa setelah adanya kesepakatan untuk pengiriman Barang kembali ke Penjual, apabila dalam waktu maksimal 2 x 24 jam (tidak termasuk hari libur nasional, Sabtu dan Minggu) terhitung sejak Penjual memberikan alamat, Pembeli tidak kunjung melakukan pengiriman barang, maka Bekasku berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
- Penjual memahami dan menyetujui bahwa pengiriman Barang pengganti untuk Pembeli dapat dilakukan maksimal 2 (dua) hari kerja (tidak termasuk hari libur nasional, sabtu dan minggu) terhitung sejak terdapat status pengiriman dari kurir logistik bahwa Barang yang dikembalikan oleh Pembeli sudah diterima oleh Penjual. Apabila didapati bahwa Penjual tidak memenuhi ketentuan ini, maka Bekasku berwenang untuk mengambil keputusan berdasarkan perkembangan diskusi dan bukti yang ada.
- Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa batas waktu untuk pemberian bukti adalah maksimal 2 x 24 jam terhitung sejak Bekasku melakukan permintaan bukti kepada Pembeli dan Penjual atas transaksi terkait.
- Bekasku memiliki kontak Pusat Complaint berupa nomor Bekasku Care, yang akan menghubungi Pengguna untuk membantu menyelesaikan kendala transaksi. Nomor Bekasku Care tidak dapat dihubungi oleh Pengguna karena akan terblokir oleh sistem atau terhubung dengan respons suara interaktif Bekasku.
- Pengguna dapat memberikan akses kepada Bekasku untuk menyimpan nomor Bekasku Care ke perangkat Pengguna melalui notifikasi yang muncul setelah Pengguna mengajukan komplain/keluhan pada halaman Bekasku Care. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa pemberian akses kepada Bekasku dalam menyimpan nomor Bekasku Care bertujuan untuk mempermudah Pengguna mengenali kontak Bekasku.
P. Ketentuan Lain
- Apabila Pengguna mempergunakan fitur/layanan yang tersedia dalam Situs/Aplikasi Bekasku, maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan fitur/layanan yang digunakan.
- Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut maka akan sepenuhnya merujuk pada syarat dan ketentuan Bekasku secara umum.
- Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan Bekasku, maka Pengguna telah dianggap tunduk pada Kebijakan Privasi Bekasku.
Q.Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab
Bekasku adalah portal web dengan model Costumer to Customer Marketplace, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Penjual maupun Pembeli di website Bekasku. Dengan demikian transaksi yang terjadi adalah transaksi antar member Bekasku, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Bekasku secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web.
Bekasku selalu berupaya untuk menjaga Layanan Bekasku aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, tapi kami tidak dapat menjamin operasi terus-menerus atau akses ke Layanan kami dapat selalu sempurna. Informasi dan data dalam situs Bekasku memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.
Pengguna setuju bahwa Anda memanfaatkan Layanan Bekasku atas risiko Pengguna sendiri, dan Layanan Bekasku diberikan kepada Anda pada "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".
Sejauh diizinkan oleh hukum yang berlaku, Bekasku (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) adalah tidak bertanggung jawab, dan Anda setuju untuk tidak menuntut Bekasku bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :
- Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Layanan Bekasku.
- Harga, Pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Bekasku.
- Keterlambatan atau gangguan dalam Layanan Bekasku.
- Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
- Kualitas Barang.
- Pengiriman Barang.
- Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
- Perselisihan antar pengguna.
- Pencemaran nama baik pihak lain.
- Setiap penyalahgunaan Barang yang sudah dibeli pihak Pengguna.
- Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Bekasku, yang dengan cara apapun mengatas-namakan Bekasku ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
- Pengiriman untuk perbaikan Barang yang bergaransi resmi dari pihak produsen. Pembeli dapat membawa Barang langsung kepada pusat layanan servis terdekat dengan kartu garansi dan faktur pembelian.
- Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant, Power Merchant Pro, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Bekasku.
- Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam Layanan Bekasku.
- Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penggunaan setiap Layanan Bekasku.
- Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam situs Bekasku yang diduga palsu.
- Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
- Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun pengguna.
R. Pelepasan
Jika Anda memiliki perselisihan dengan satu atau lebih pengguna, Anda melepaskan Bekasku (termasuk Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya , yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari pembelian Barang yang telah dilarang pada Poin J. Jenis Barang. Dengan demikian maka Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
S. Ganti Rugi
Pengguna akan melepaskan Bekasku dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Bekasku (termasuk Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Anda melanggar Perjanjian ini, penggunaan Layanan Bekasku yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Anda terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.
T. Pilihan Hukum
Perjanjian ini akan diatur oleh dan ditafsirkan sesuai dengan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Anda setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan situs dan/atau Perjanjian ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.
U. Pembaharuan
Syarat & ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Bekasku menyarankan agar anda membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat & ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Bekasku, maka pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan
V. Biaya Layanan
Biaya Layanan adalah biaya yang dikenakan kepada Pengguna untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi melalui Situs Bekasku.
W. Keamanan dan Privasi
1. Perlindungan Data Pribadi
- Kami berkomitmen untuk melindungi privasi dan data pribadi pengguna.
- Informasi pribadi yang kami kumpulkan termasuk nama, alamat email, nomor telepon, dan dokumen identitas (KTP/SIM).
2. Enkripsi Data
- Semua data pengguna dienkripsi menggunakan teknologi enkripsi canggih untuk melindungi dari akses yang tidak sah.
- Proses enkripsi dilakukan saat data dikirim dan disimpan di server kami.
3. Penggunaan Data
- Data pribadi digunakan untuk tujuan verifikasi identitas, memproses transaksi, dan menyediakan layanan pelanggan.
- Data tidak akan dijual atau dibagikan kepada pihak ketiga tanpa persetujuan pengguna, kecuali diwajibkan oleh hukum.
4. Penyimpanan Data
- Data pribadi disimpan di server yang aman dan hanya diakses oleh staf yang berwenang.
- Kami menyimpan data selama diperlukan untuk memenuhi tujuan pengumpulan atau sebagaimana diwajibkan oleh hukum.
5. Hak Pengguna
- Pengguna memiliki hak untuk mengakses, mengoreksi, dan menghapus data pribadi mereka.
- Pengguna dapat menghubungi layanan pelanggan kami untuk mengajukan permintaan terkait data pribadi mereka
X. Proses Verifikasi Pengguna
1. Pengumpulan Data Verifikasi
- Saat mendaftar, pengguna diharuskan mengunggah foto KTP atau SIM untuk keperluan verifikasi.
- Foto KTP atau SIM akan digunakan untuk memverifikasi identitas pengguna dan mencegah penipuan.
2. Pemeriksaan Manual dan Otomatis
- Dokumen yang diunggah akan diperiksa oleh sistem otomatis dan tim verifikasi kami untuk memastikan keaslian.
- Proses verifikasi bertujuan untuk melindungi pengguna dari aktivitas penipuan dan memastikan transaksi yang aman.
3. Keamanan Dokumen
- Foto KTP atau SIM yang diunggah akan dienkripsi dan disimpan dengan aman di server kami.
- Akses ke dokumen ini dibatasi hanya untuk staf yang berwenang dan digunakan hanya untuk tujuan verifikasi.
4. Penggunaan Data Verifikasi
- Data verifikasi digunakan hanya untuk memverifikasi identitas pengguna dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain tanpa persetujuan pengguna.
- Data ini tidak akan dibagikan kepada pihak ketiga kecuali diwajibkan oleh hukum.
5. Kebijakan Privasi Tambahan
- Pengguna dapat mengakses kebijakan privasi lengkap kami melalui aplikasi atau situs web kami untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana kami mengelola data pribadi.